Monday, February 10, 2020

Ulat-ulat pekan 4


Pekan ini kelas bunda cekatan diramaikan dengan ilmu-ilmu yang bertebaran dalam bentuk Go Live.

Setiap peserta disuguhkan dengan berbagai macam ragam makanan dari keluarga-keluarga ulat peserta bunda cekatan. Kali ini peserta akan mengisi keranjang-keranjang apel, dengan apel-apel kesukaan masing-masing.

Namun harus diingat bahwa apel yang dimasukkan ke dalam keranjang para peserta sebaiknya sesuai dengan Mind Mapping yang telah ditentukan.

Bagi saya sendiri keranjang Apel kali ini saya isi dengan beberapa ilmu, yang utama tentu saja dari keluarga saya sendiri yaitu keluarga Uluwatu (Ulat waktu). Saya memutuskan untuk masih tetap dalam keluarga ini karena masih banyak hal yang harus saya selesaikan berkaitan dengan manajemen waktu ini.

Namun ada beberapa ilmu juga yang menjadi prioritas utama saya, tentu saja yang sesuai dengan Mind Mapping yang telah saya buat sebelumnya.

Dalam keranjang Apel ini saya mencukupkan diri untuk dua ilmu saja, sebenarnya ada beberapa ilmu yang saya butuhkan tetapi sepertinya saya hanya mampu mengunyah dua keranjang Apel dulu. :)


1.  Manajemen Waktu

Dalam keluarga Uluwatu kami mengurai beberapa poin penting untuk menjadi pembahasan
MANAJEMEN WAKTU

Menemukan Strong Why dan skala Prioritas

Ini adalah kunci menjaga waktu, karena ketika seseorang sudah mulai lelah, energi berkurang satu-satunya yang bisa menjaga semangat adalah strong Why.
nwwMen

Metode manajemen waktu
Metode manajemen waktu yang didiskusikan dalam keluarga uluwatu begitu bervariasi antara lain 
a. Pomodoro
b. Bullet Journal
c. To-Do List
d. Heatmap
e. Aplikasi Gadget
f. Kandang Waktu / Cutofftime

:three:. Sharing Praktek Konsistensi
Untuk pembahasan praktek konsistensi, sebenarnya kembali ke pribadi masing-masing dan sangat bergantung pada strong why.

a. Manajemen Waktu Ibu Bekerja Ranah Publik
b. Manajemen Waktu Ibu Bekerja Ranah Domestik
c. Manajemen Waktu Produktif di Malam Hari
d. Manajemen Waktu Tidur Berkualitas
   catatan tersendiri untuk manajemen waktu berkualitas, bahwa untuk memperoleh tidur berkualitas atau Deep Sleep, yang perlu dilakukan adalah memcontoh adab tidur Rasulullah SAW.


:fiveManajemen Waktu dalam Islam / ala Rasulullah

1. Tentukan strong why
1. Identifikasi aktivitas
3. Buat skala prioritas
4. Buat jadwal
5. Lakukan
6. Evaluasi








2. Portofolio

Pemateri Bunda Euis Kurniawati
Keluarga Portofolio

Dalam video Go Live keluarga portofolio anak beberapa ilmu yang saya peroleh adalah:
1. Alasan utama
Alasan utama membuat Bank Data aktivitas anak adalah untuk menemukan dot to dot bakat dan minat anak, hal ini diperoleh setelah proses observasi dan pencatatan bunda kepada anak.
2. Metode penilaian
Ada beberapa metode dalam menilai atau yang menjadi acuan dalam mencatat segala aktivitas anak-anak sebagai Bank Data, menurut bunda Euis beberapa sumber tersebut adalah FBE, Denver dan KPSP

3. Aplikasi

Aplikasi yang memudahkan untuk melakukan pncatatan tersebut antara lain Primaku


4. Tantangan

Konsistensi
Value masing2 keluarga


#janganlupabahagia
#jurnalminggu4
#materi4
#kelasulat
#bundacekatan
#buncekbatch1
#buncekIIP
#institutibuprofesional


0 komentar:

Post a Comment