Saturday, November 19, 2016

Menemukan Desain Pembelajaran #NHW5

#NHW5
Menemukan DESAIN PEMBELAJARAN
Tugas NHW5 kali ini adalah mengetahui sebanyak-banyaknya tentang desain pembelajaran, hal ini merupakan langkah awal untuk menyusun kurikulum unik  dan pola yang tepat dalam mendidik anak-anak.
Desain pembelajaran adalah praktik penyusunan media teknologi komunikasi dan isi untuk membantu agar dapat terjadi transfer pengetahuan secara efektif antara guru dan peserta didik. (Wikipedia).
Guru dalam hal ini orang tua dan peserta didik (anak) harus bersinergi untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan.
Menerapkan how to learn dalam menentukan metode pembelajaran…..
1.    Belajar hal berbeda
2.    Cara belajar berbeda
3.    Semangat belajar berbeda
4.    Strategi belajar
Jujur saja, agak bingung mengerjakan tugas NHW5 ini, mempraktekkan “Leraning how to learn”  dalam metode desain pembelajaran, namun menyerah juga bukan hal yang benar, karenanya Saya mencoba mengerjakan tugas ini sesuai dengan pemahaman saya.
Sebenarnya ada banyak metode pembelajaran yang telah beredar dan diterapkan dalam dunia pendidikan, saya memilih desain pembelajaran dengan metode ADDIE. ADDIE ini merupakan singkatan dari metode pembelajaran yaitu:
a.       Analysis (analisa)
b.      Design (disain / perancangan)
c.       Development (pengembangan)
d.      Implementation (implementasi/eksekusi)
e.       Evaluation (evaluasi/ umpan balik)

Kemudian metode ADDIE ini saya coba jelaskan dan dekati dengan “ Learning how to Learn” seperti di atas.Untuk memudahkan penjelasan dan pemahaman tentang hal tersebut, maka berikut saya buatkan Mind Mapping tentang NHW 5 tersebut….
Semoga saja sesuai dengan yang dimaksud oleh Bu Septi J



  

0 comments:

Post a Comment